Pola Makan Yang Sehat

Memiliki bentuk tubuh ideal serta tetap bugar hingga usia senja adalah impian bagi semua orang. Untuk bisa mendapatkan impian tersebut tentu membutuhkan usaha ekstra. Tidak hanya sekadar rutin berolahraga, namun pola makan sehat dan benar juga harus dilakukan.Tidak semua orang tau bagaimana pola makan yang benar dan sehat, Kunci untuk memiliki bentuk tubuh ideal dan selalu bugar adalah 5S dan 4J. 5S meliputi sehat makan, sehat berpikir, sehat istirahat, sehat aktivitas, dan sehat lingkungan, Bila 5S meliputi pola pikir dan kondisi tubuh, maka 4J meliputi apa yang kita konsumsi sehari-hari, seperti jumlah makanan yang dikonsumsi, jadwal makan, jenis makanan, dan jurus memasak. Makanan yang kita konsumsi memang harus bernutrisi, tetapi nutrisi bisa hilang akibat cara memasak yang salah, jumlah yang tidak tepat, serta jadwal yang salah, Ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi, Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, memaparkan empat kunci pola makan sehat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Untuk makan sehat ada jurus ‘4J’ yang bisa diaplikasikan sehari-hari, yaitu; jumlah, jenis, jadwal, dan jurus memasak. Lebih lanjut Samuel menjelaskan bahwa ‘jumlah’ mengacu pada jumlah makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak boleh lebih atau pun kurang. Untuk ‘J’ yang kedua atau jenis, dikatakan Samuel adalah jenis makanan yang dikonsumsi harus variatif dan kaya nutrisi. “Harus mengandung gizi seimbang yang tepat untuk tubuh. Harus ada karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral, Sementara itu, jadwal makan juga harus diperhatikan. Kadwal makan harus dilakukan tiga kali makan besar, kecuali dalam kondisi tertentu seperti pada penderita diabetes dan gangguan lambung. Jangan melewatkan makan, karena itu hanya akan memperlambat metabolisme tubuh. Kunci yang terakhir adalah jurus memasak.  Menurut Samuel, tidak hanya jenis makanan yang menjadi inti pola makan sehat, namun tata cara memasak dan mengolah makanan juga memiliki peran penting.  “Makanan yang dimasak jangan terlalu matang, jangan terlalu banyak garam apalagi MSG, gula atau pun bahan makanan olahan. Ini akan mengurangi kadar sehat dalam makanan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s